Ini Skenario Timnas U-19 Jika Ingin Lolos ke Fase Gugur Piala Asia U-19 2018

Senin , 22 Oktober 2018 | 17:13 | view: 242
Ini Skenario Timnas U-19 Jika Ingin Lolos ke Fase Gugur Piala Asia U-19 2018
Barisan skuat timnas U-19 Indonesia (foto/net)

SEVENSPORTAINMENT.COM - Kekalahan Timnas Indonesia U-19 dari Qatar membuat persaingan di Grup A Piala Asia memanas. Sebab, sebelum laga Timnas U-19 versus Qatar digelar, Uni Emirat Arab mampu memenangkan laga melawan Taiwan.

Hasil itu membuat ada tiga tim yang masih berpeluang lolos ke fase gugur. Dan, skenario Timnas U-19 untuk lolos ke fase gugur bisa saja ruwet.

Peluang Egy Maulana Vikri cs untuk lolos hanya bisa didapat jika mereka mampu menang saat jumpa Uni Emirat Arab. Tapi, menang saja tak cukup bagi Timnas U-19.

Kalau mau aman, Timnas U-19 setidaknya harus mencetak empat gol ke gawang Uni Emirat Arab. Kenapa?

Aturan persaingan di fase grup Piala Asia U-19 adalah berbasis pada head to head. Artinya, kalau Timnas U-19 menang dan saat bersamaan Qatar mampu mengalahkan Taiwan, maka ada tiga tim yang memiliki enam poin.

Tiga tim itu adalah Timnas U-19, UEA, dan Qatar. Head to head tentu tak berlaku andai Timnas U-19 mampu menang atas UEA. Sebab, tiga tim terlibat saling mengalahkan. Selisih gol pun jadi solusi.

Maka dari itu, andai ingin lolos dengan aman, Timnas U-19 harus menang dengan mencetak minimal empat gol.

Ada jalan lain? Tentu ada, tapi pastinya berharap terhadap Taiwan. Timnas U-19 bisa lolos cuma dengan meraih hasil imbang saat lawan UEA.

Tapi, saat bersamaan Qatar kalah dari Taiwan. Kalau Qatar imbang juga, maka Timnas U-19 akan tersingkir. Karena secara head to head Qatar lebih unggul atas Timnas U-19.

KOMENTAR